December 9, 2010

Pemilihan Strategi Pembelajaran pada Anak - Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini

Pemilihan Strategi Pembelajaran pada Anak

Pemilihan Strategi Pembelajaran pada Anak
Strategi pembelajaran adalah pola umum perbuatan guru dan murid dalam mewujudkan kegiatan melalui belajar mengajar. Dalam memilih starategi pembelajaran ada beberapa kriteria yaitu efisiensi, efektifitas, dan keterlibatan peserta didik. Untuk mengetahui strategi yang akan digunakan untuk pembeljaran, sebelumnya seorang guru harus mengetahui karakteristik cara belajar anak sehingga strategi yang akan digunakan tepat untuk perkembangan anak.


Strategi-strategi pembelajaran dapat diintegrasikan atau digabungkan dalam keseluruhan proses pembelajaran, sehingga tercipta kegiatan belajar yang lebih bervariasi. Dalam strategi pembelajaran seorang guru menggunkan beberapa metpde pembelajaran, macam-macam metode pembelajaran tersebut ialah :

1. berpusat pada anak
Yang dimaksud dengan pembelajaran yang berpusat pada anak adalah :
- kegiatan harus tumbuh dari minat dan keinginan anak
- anak memilih bahan dan memuuskan apa yang ingin di kerjakan
-Anak mengekspresikan bahan-bahan secara aktif dengan seluruh indranya
-Anak menemukan sebab akibat melalui pengalaman langsung
-Anak mentransformasikan dan menggabungkan bahan-bahan
-Anak menggunakan otot kasarnya
-Anak menceritakan pengalamannya

2.bermain
Kegiatan bermain ini harus dapat memotivasi anak secara intrinsik, memiliki pengaruh positif, bukan dikerjakan sambil lalu. Fungsi bermain bagi anak adalah untuk menirukan apa yang dilakukan oleh orang dewasa.untuk melakukan peran dalam kehidupan nyata.

3. bercerita
Merupakan salah satu metode yang banyak dipergunakan di TK. Merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan.


4. bernyanyi
Bernyanyi dapat membantu anak untuk mengembangkan daya pikir dan bahasa anak secara lebih menyeluruh.

Melihat uraian diatas maka starategi pembelajaran yang tepat pada anak usia TK adalah pembelajaran yang berpusat pada anak karena anak diberi kesempatan untuk membuat rencana dari kegiatan yang akan mereka lakukan. Anak berhak menentukan sendiri apa yang akan dipelajarinya. Anak juga dapat bereksplorasi dengan lingkungannya. Selain itu, metode ini sudah cocok untuk dengan karakteristik belajar anak. Misalnya, anak belajar melalui bermain, anak membangun sendiri pengetahuannya ketika anak bereksplorasi dengan are yang mereka pilih.

Strategi yang cocok untuk diterapkan di KB adalah bermain dan bernyanyi, karena metode bermain akan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak seperti kognitif, fisik motorik, dan sosial emosional anak. Sedangkan bernyanyi lebih menekankan pada perkembangan bahasa anak. Sedangkan untuk anak TPA strategi yang tepat untuk digunakan adalah metode bermain dimana anak bermain bebas dan spontan, bermain eksplorasi untuk tahap pengenalan lingkungan sekitarnya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment